EDMODO

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan individu untuk memperoleh kedewasaan, melalui pendidikan manusia dapat membuka wawasannya dan dapat hidup lebih baik. sebagai usaha yang dilakukan  untuk memperoleh kedewasaan adalah dengan cara belajar. Proses ini melibatkan berbagai unsur yang termasuk dalam satu lingkungan belajar, baik guru, siswa, media, dan unsur lain yang menunjang terjadinya interaksi belajar. Dalam pembelajaran peserta didik di tuntut untuk berperan aktif dan dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan. Namun pada prosesnya belajar-mengajar yang dilakukan masih berpusat pada guru atau teacher centered  sehingga tidak memberikan ruang kreatifitas baik bagi siswa maupun guru dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif
Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction) dalam hal ini berarti Siswa di tuntut untuk dapat menemukan atau mencari informasi sendiri, guru hanyalah seorang fasilisator yang bertugas untuk memfasilitasi dan membimbing siswa dalam mecari dan menemukan suatu informasi di dalam proses pembelajaran.
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia Pendidikan.berdasarkan survey pada tahun 2016 Berdasarkan konten yang paling sering dijunjungi, pengguna internet paling sering mengunjungi web onlineshop sebesar 82,2 juta atau 62%. Dan konten social media yang paling banyak dikujungi adalah Facebook sebesar 71,6 juta pengguna atau 54% dan urutan kedua adalah Instagram sebesar 19,9 juta pengguna atau 15%. Berdasarkan survey itulah sebaiknya kita lebih bijk dalam menggunkan internet kea rah yang lebih bermanfaat contohnyauntuk mencari inormasi atau terkait dengan pedidikan.
Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja]. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
Teknologi pendidikan dapat mengubah proses pembelajaran konvensional ke arah non konvensional. Dengan kemampuan teknologi ini dapat di manfaatkan dalam proses pembelajaran baik oleh guru, siswa bahkan orang tua siswa dalam mendukung belajar mengajar. Salah satu platform yang dapat di gunkan adalah Edmodo
Edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah K-12. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua guru/dosen kepada siswa/mahasiswa, administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.
Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru/dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau kefrustrasian siswa/mahasiswa.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan dalam makalah ini adalah:
1.      Survey penggunaan internet di Indonesia
2.      Jelaskan apa yang dimaksud Edmodo?
3.      Jelaskan sejarah terbentuknya Edmodo?
4.      Jelakan apa saja manfaat yang terdapat dalam platform Edmodo?
5.      Jelaskan fitur-fitur  apa sajayang terdapat dalam platform Edmodo?
1.3  Tujuan Penulisan
            Tujuan penyusunan makalah yang bertema tentang Dasar-Dasar Pengetahuan ini adalah:
1.      mengetahui penggunaan internet di Indonesia
2.      Mengetahui apa yang dimaksud Edmodo
3.      Mengetahui sejarah terbentuknya Edmodo
4.       Mengetahui apa saja manfaat yang terdapat dalam platform Edmodo
5.      Mengetahui  fitur-fitur  apa sajayang terdapat dalam platform Edmodo

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Survei penggunaan internet
APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) telah mengumumkan hasil survei Data Statistik Pengguna Internet Indonesia tahun 2016. Berikut adalah rinciannya:
Data Pengguna Internet Indonesia tahun 2016
Data statistik pengguna internet indonesia tahun 2016 APJII
Jumlah pengguna Internet di Indonesia tahun 2016 adalah 132,7 juta user atau sekitar 51,5% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Pengguna internet terbanyak ada di pulau Jawa dengan total pengguna 86.339.350 user atau sekitar 65% dari total penggunan Internet. Jika dibandingkan penggunana Internet Indonesia pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta user, maka terjadi kenaikkan sebesar 44,6 juta dalam waktu 2 tahun (2014 – 2016). Tentu data / fakta ini menggembirakan, terutama bagi para pengusaha atau pemilik toko online.
Data Pengguna Internet berdasarkan Usia
Data pengguna internet indonesia 2016 APJII berdasarkan usia
Pengguna internet berdasarkan usia, pengguna terbanyak adalah usia 35-44 tahun sebesar 29,2%. Sedangkan pengguna paling sedikit adalah usia 55 tahun ke atas hanya sebesar 10%.
Data Pengguna Internet berdasarkan Pekerjaan
Data pengguna internet indonesia 2016 APJII berdasarkan pekerjaan
Pengguna internet terbanyak berprofesi sebagai Pekerja / Wiraswasta sebesar 82,2 juta atau 62%. Urutan pengguna internet berikutnya berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) sebesar 22 juta atau 16,6%.
Data Perilaku Pengguna Internet
Berdasarkan Konten yang Dikunjungi
Data perilaku pengguna internet 2016 APJII Facebook sosial media dan jenis konten
Berdasarkan konten yang paling sering dijunjungi, pengguna internet paling sering mengunjungi web onlineshop sebesar 82,2 juta atau 62%. Dan konten social media yang paling banyak dikujungi adalah Facebook sebesar 71,6 juta pengguna atau 54% dan urutan kedua adalah Instagram sebesar 19,9 juta pengguna atau 15%.

2.2  Pengertian Edmodo
Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpersonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu: (a) sebagai media interpersonal dan massa; (b) bersifat interaktif; dan (c) memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Pengertian Edmodo (www.edmodo.com) Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.
Edmodo adalah sebuah platform pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada. Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.
Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
Pada Edmodo, guru/dosen berada di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru/dosen kepada siswa/mahasiswa, administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.
Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru/dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau kefrustrasian siswa/mahasiswa.
Permukaan Edmodo yang menarik, mudah menggunakan aplikasi yang personalisasi pembelajaran untuk setiap siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru/dosen untuk memperkuat rencana pelajaran/perkuliahan mereka dengan mengintegrasikan dengan Edmodo, yang memberikan semua konten digital dalam satu tempat.
Edmodo menggunakan desain yang mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru/dosen dan siswa/mahasiswa tempat yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan berbagi konten. Guru/dosen juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa. Siswa/mahasiswa dapat mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di kalangan siswa/mahasiswa. Guru/dosen dapat membedakan dan menciptakan belajar mandiri melalui penciptaan sub-kelompok dalam kursus. Setelah setiap periode kursus selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang baru untuk kursus berikutnya.
Fasilitas yang akan didapat seorang guru di Edmodo antara lain guru dapat mendesain kelas secara online sesuai keinginan, setiap kelas memiliki kode kelas yang unik(tiap kelas bisa dibuat berbeda), mengendalikan siapa saja yang boleh bergabung, berkomentar/ berpesan ke kelas, perorangan secara spesifik/individual, memberikan tugas, menanggapi dan menilai tugas yang telah dikerjakan, membuat kuis/ulangan interaktif,melakukan polling, membentuk kelompok-kelompok kecil, berkomunikasi secara personal, berkolaborasi dengan guru lainnya.
Sedangkan fasilitas yang didapatkan untuk orang tua adalah mampu mengamati semua aktifitas anaknya di edmodo, berkomunikasi dengan guru anaknya,mengetahui perkembangan anaknya,hanya bisa berkomunikasi dengan guru dan anaknya.
Bahkan untuk siswa juga akan mendapatkan fasilitas memperoleh kelas yang aman dan nyaman untuk belajar, melihat jadwal kegiatan yang harus dilakukannya, mendownload materi, buku dan berbagai sumber yang disediakan, mengerjakan tugas, melihat komentar dan nilai dari tugas yang diberikan, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, memberikan pendapat pada jajak pendapat, mengakses kelas dimana saja selama terkoneksi dengan internet(dimanapun ia berada),
Jika yang dikeluhkan adalah sistem keamanan sistem ini maka Edmodo menyediakan sistem keamanan dalam bentuk setiap kelas memiliki kode kelas yang unik,setiap siswa memiliki kode orang tua yang unik(berbeda dengan kode orang tua siswa lainnya), komunikasi antar siswa hanya dapat dilakukan dalam kelompok/kelas, antar siswa tidak dapat berkomunikasi secara personal, guru dapat mengedit semua komentar dalam kelas, kewenangan penuh ada pada guru, karakteristik individual diperhatikan, dan tidak ada informasi pribadi yang diperlukan.
Seiring dengan skenario pembelajaran yang tercantum di atas, pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan. Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa/mahasiswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.
Dalam upaya untuk mencegah orang luar bergabung dengan jaringan sekolah/kampus, Edmodo menyediakan kode khusus untuk sekolah/kampus dan kelas. Kode-kode ini diberikan kepada siswa/mahasiswa dan diperlukan untuk bergabung dengan kelompok. Perusahaan ini baru-baru ini meningkatkan keamanan layanan Edmodo dengan menerapkan perlindungan injeksi SQL untuk mencegah akses tidak sah ke sumber daya website dan database.

berikut langkah-lagkah mengakses Edmodo ini maka langkah-langkahnya cukup mudah. Caranya adalah
untuk Guru
1.      Buka link http://www.edmodo.com
2.      Pilih tombol I’m teacher(sekali waktu mendaftar)
3.      Isikan biodata guru dan terakhir
4.      Klik tombol sign in, jika berhasil maka guru akan mendapatkan jendela baru untuk mulai membuat group kelas pembelajaran
5.      Tekan tombol create(sebelah kiri) dan dapatkan code group untuk diberikan pada siswa pada satu kelas tertentu dan silahkan berkreasi dalam membuat penugasan pada siswa atau berbagi ide didalamnya
 Setelah berhasil mendaftar anda bisa langsung masuk/login dengan cara memasukkan username/email serta password sesuai data yang dituliskan isian biodata sewaktu mendaftar

Untuk Siswa
1.      Buka link http://www.edmodo.com
2.      Pilih tombol I’m a student(sekali waktu mendaftar)
3.      Masukkan code group yang diberikan guru
4.      Isikan data diri secara lengkap
5.      Tekan tombol sign in, nah siswa siap melanjutkan belajar secara onlien dengan guru.
6.      Setelah berhasil mendaftar anda bisa langsung masuk/login dengan cara memasukkan username/email serta password sesuai data yang dituliskan isian biodata sewaktu mendaftar.
Untuk orang tua, maka orang tua dapat memperoleh kode orang tua(parrents dari data siswa atau meminta dari guru). Untuk pemberian tugas(guru), pengerjaan tugas(siswa) dan pengecekan aktivitas serta hasil evaluasi siswa(untuk orang tua) akan dibahas pada edisi mendatang.
2.3  Sejarah Edmodo
Edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah K-12. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tuA
Pada tahun 2013, Edmodo dimasukkan ke dalam daftar "Aplikasi Teratas untuk Guru" oleh PC Magazine. Pada tahun yang sama, Edmodo mengakuisisi startup Root-1 dalam upaya untuk menjadi toko aplikasi untuk pendidikan.[Vibhu Mittal, Co-founder dan CEO dari Root-1, menjadi CEO dari Edmodo tahun berikutnya.
Pada tahun 2014, Edmodo meluncurkan Snapshot - seperangkat alat penilaian untuk mengukur kemajuan siswa pada standar pendidikan. Edtech digest memberikan penghargaan untuk Edmodo Snapshot dalam Cool Tool Award sebagai Solusi Penilaian Terbaik. Perusahaan ini telah bermitra dengan dua penerbit besar di Inggris, Oxford University Press dan Cambridge University Press untuk menyediakan akses ke konten pendidikan di Edmodo Platform dan membawa Edmodo Snapshot ke Inggris.
Edmodo didirikan oleh Nic Borg dan Jeff O'Hara pada tahun 2008. Hal ini didukung oleh Index Ventures, Benchmark, Greylock Partners, Learn Capital, New Enterprise Associates, Union Square Ventures, Glynn Capital Management, Tenaya Capital, SingTel Innov8, dan KDDI. Pada Agustus 2016 Edmodo diklaim memiliki lebih dari 66.900.000 pengguna di seluruh dunia.
Pada bulan Maret 2015, Noodle menyebut Edmodo sebagai salah satu "32 Alat Pendidikan Daring Paling Inovatif"
2.4  Manfaat Edmodo
Edmodo mempunyai beberapa manfaat dalam pembelajaran sebagai berikut :
1.      Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru dan murid
2.      Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
3.      Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid.
4.      Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.
5.      Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut
6.      Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.

2.5  Fitur Edmodo
Terdapat banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan Edmodo untuk menunjang proses pembelajaran. Berikut fitur-fitur yang terdapat pada Edmodo :
1. Polling
Polling merupakan salah satu fitur yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini biasanya di gunakan oleh guru untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu. Dibawah ini merupakan contoh tampilan polling pada Edmodo :
2. Gradebook
Fitur ini mirip seperti catatan nilai siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara manual maupun otomatis. Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa. Penilaian tersebut juga dapat diexport menjadi file .csv. Pada fitur Gradebook, guru memegang akses penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat melihat rekapan nilai dalam bentuk grafik dan penilaian langsung.

3. Quiz
Fitur Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Mereka hanya bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru. Quiz digunakan oleh guru untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, isian singkat maupun soal uraian
4. File and Links
Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain.
5. Library
Dengan fitur ini, guru dapat mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber referensi, dan lain-lain Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.
6. Assignment
Fitur ini digunakan oleh guru untuk memberikan tugas kepada murid secara online. Kelebihan dari fitur ini yaitu dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document (pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.
7. Award Badge
Untuk memberikan suatu penghargaan kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini. Berikut tampilan fitur ‘Award Badge’ pada Edmodo :
8. Parent Code
Dengan fitur ini, orang tua murid dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka. Untuk mendapatkan kode tersebut, orang tua murid dapat mendapatkannya dengan mengklik nama kelas/ grup anaknya di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru yang bersangkutan.
Dilihat dari manfaat dan juga fitur-fiturnya, edmodo merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran online. Selain itu, Edmodo juga mempermudah kegiatan balajar mengajar antara guru dan murid. Nilai plus lain dari Edmodo adalah orang tua murid dapat memantau perkembangan kegiatan belajar putra-putri mereka

BAB III
KESIMPULAN
Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction) dalam hal ini berarti Siswa di tuntut untuk dapat menemukan atau mencari informasi sendiri, guru hanyalah seorang fasilisator yang bertugas untuk memfasilitasi dan membimbing siswa dalam mecari dan menemukan suatu informasi di dalam proses pembelajaran.
Edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah K-12. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tuA
Edmodo dirancang untuk membuat siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
. Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa/mahasiswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.




DAFTAR PUSTAKA

http://www.nesabamedia.com/pengertian-manfaat-dan-fitur-edmodo/  di akses pada tanggal 8-maret-2017 pukul 20.00
Taufik, M. Pengantar Pendidikan. Bandung: Mujahit Press
http://ganggstaenemy.hol.es/article/edmodo/








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN TERPADU