EDMODO
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan
individu untuk memperoleh kedewasaan, melalui pendidikan manusia dapat membuka
wawasannya dan dapat hidup lebih baik. sebagai usaha yang dilakukan untuk memperoleh kedewasaan adalah dengan
cara belajar. Proses ini melibatkan berbagai
unsur yang termasuk dalam satu lingkungan belajar, baik guru, siswa, media, dan
unsur lain yang menunjang terjadinya interaksi belajar. Dalam pembelajaran peserta didik di tuntut untuk berperan aktif dan
dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan. Namun pada prosesnya
belajar-mengajar yang dilakukan masih berpusat pada guru atau teacher centered sehingga tidak
memberikan ruang kreatifitas baik bagi siswa maupun guru dalam mengembangkan
pembelajaran yang inovatif dan kreatif
Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat
student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada
siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan
dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction) dalam hal ini berarti Siswa di tuntut untuk dapat menemukan atau
mencari informasi sendiri, guru hanyalah seorang fasilisator yang bertugas
untuk memfasilitasi dan membimbing siswa dalam mecari dan menemukan suatu
informasi di dalam proses pembelajaran.
Seiring dengan kemajuan
teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik dibidang
ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia Pendidikan.berdasarkan survey pada
tahun 2016 Berdasarkan
konten yang paling sering dijunjungi, pengguna internet paling sering
mengunjungi web onlineshop sebesar 82,2 juta atau 62%. Dan
konten social media yang paling banyak dikujungi adalah Facebook sebesar
71,6 juta pengguna atau 54% dan urutan kedua adalah Instagram sebesar 19,9 juta
pengguna atau 15%. Berdasarkan survey itulah sebaiknya kita lebih bijk dalam
menggunkan internet kea rah yang lebih bermanfaat contohnyauntuk mencari
inormasi atau terkait dengan pedidikan.
Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic
learning disingkat E-learning) dapat
didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di
bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja]. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi
logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan
manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal
target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus
dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.
Teknologi
pendidikan dapat mengubah proses pembelajaran konvensional ke arah non
konvensional. Dengan kemampuan teknologi ini dapat di manfaatkan dalam proses
pembelajaran baik oleh guru, siswa bahkan orang tua siswa dalam mendukung
belajar mengajar. Salah satu platform yang dapat di gunkan adalah Edmodo
Edmodo adalah
perusahaan teknologi pendidikan yang
menawarkan alat komunikasi, kolaborasi,
dan pembinaan untuk
guru dan sekolah K-12. Jaringan Edmodo memungkinkan guru
untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi
dengan siswa, kolega, dan orang tua guru/dosen kepada siswa/mahasiswa, administrator, orang
tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya
terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang
berkualitas tinggi.
Edmodo memudahkan untuk melacak
kemajuan siswa/mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar ditugaskan atau
diberikan melalui Edmodo disimpan dan mudah diakses. Guru/dosen bisa
mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis,
tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau
kefrustrasian siswa/mahasiswa.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan dalam makalah ini adalah:
1. Survey
penggunaan internet di Indonesia
2. Jelaskan
apa yang dimaksud Edmodo?
3. Jelaskan
sejarah terbentuknya Edmodo?
4. Jelakan
apa saja manfaat yang terdapat dalam platform Edmodo?
5. Jelaskan
fitur-fitur apa sajayang terdapat dalam
platform Edmodo?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan
penyusunan makalah yang bertema tentang Dasar-Dasar Pengetahuan ini adalah:
1. mengetahui
penggunaan internet di Indonesia
2. Mengetahui
apa yang dimaksud Edmodo
3. Mengetahui
sejarah terbentuknya Edmodo
4. Mengetahui apa saja manfaat yang terdapat
dalam platform Edmodo
5. Mengetahui fitur-fitur
apa sajayang terdapat dalam platform Edmodo
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Survei penggunaan internet
APJII
(Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) telah mengumumkan hasil survei
Data Statistik Pengguna Internet Indonesia tahun 2016. Berikut adalah
rinciannya:
Data Pengguna Internet Indonesia tahun
2016

Jumlah
pengguna Internet di Indonesia tahun 2016 adalah 132,7 juta user atau sekitar
51,5% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 256,2 juta. Pengguna
internet terbanyak ada di pulau Jawa dengan total pengguna
86.339.350 user atau sekitar 65% dari total penggunan Internet. Jika
dibandingkan penggunana Internet Indonesia pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta
user, maka terjadi kenaikkan sebesar 44,6 juta dalam waktu 2 tahun (2014 –
2016). Tentu data / fakta ini menggembirakan, terutama bagi para pengusaha atau
pemilik toko online.
Data Pengguna Internet berdasarkan
Usia

Pengguna
internet berdasarkan usia, pengguna terbanyak adalah usia 35-44 tahun sebesar
29,2%. Sedangkan pengguna paling sedikit adalah usia 55 tahun ke atas hanya
sebesar 10%.
Data Pengguna Internet berdasarkan
Pekerjaan

Pengguna
internet terbanyak berprofesi sebagai Pekerja / Wiraswasta sebesar
82,2 juta atau 62%. Urutan pengguna internet berikutnya berprofesi
sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) sebesar 22 juta atau 16,6%.
Data Perilaku Pengguna Internet
Berdasarkan Konten yang Dikunjungi

Berdasarkan
konten yang paling sering dijunjungi, pengguna internet paling sering
mengunjungi web onlineshop sebesar 82,2 juta atau 62%. Dan
konten social media yang paling banyak dikujungi adalah Facebook sebesar
71,6 juta pengguna atau 54% dan urutan kedua adalah Instagram sebesar 19,9 juta
pengguna atau 15%.
2.2 Pengertian Edmodo
Teknologi
internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet
dapat dilakukan secara interpersonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara
masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list). Internet juga mampu hadir secara real
time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi
teleconference. Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media
pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu: (a) sebagai media
interpersonal dan massa; (b) bersifat interaktif; dan (c) memungkinkan
komunikasi secara sinkron maupun asinkron.
Pengertian Edmodo (www.edmodo.com)
Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan
siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan,
tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan,
acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu
dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.
Edmodo adalah sebuah platform
pembelajaran sosial untuk guru/dosen, siswa/mahasiswa maupun untuk orang
tua/wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff
O’Hara yang merasakan kebutuhan untuk berkembang di lingkungan
sekolah/kampus untuk mencerminkan bahwa dunia yang semakin global dan
terhubung, maka keduanya menciptakan sebuah alat/aplikasi yang dapat menutup
kesenjangan antara bagaimana siswa/mahasiswa menjalani kehidupan mereka dan
bagaimana mereka belajar di sekolah/kampus, untuk itulah maka Edmodo ada.
Edmodo dibuat sebagai sebuah platform pembelajaran jejaring sosial untuk
guru/dosen, siswa/mahasiswa, dan orang tua/wali.
Edmodo dirancang untuk membuat
siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam
Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan
polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana
penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau
perilaku.
Pada Edmodo, guru/dosen berada
di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru/dosen kepada
siswa/mahasiswa, administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku.
Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat,
yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.
Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa/mahasiswa. Semua
nilai dan rencana belajar ditugaskan atau diberikan melalui Edmodo disimpan dan
mudah diakses. Guru/dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui
reaksi siswa/mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap
pemahaman, kebingungan, atau kefrustrasian siswa/mahasiswa.
Permukaan Edmodo yang menarik,
mudah menggunakan aplikasi yang personalisasi pembelajaran untuk setiap
siswa/mahasiswa. Aplikasi ini membantu guru/dosen untuk memperkuat rencana
pelajaran/perkuliahan mereka dengan mengintegrasikan dengan Edmodo, yang memberikan
semua konten digital dalam satu tempat.
Edmodo menggunakan desain yang
mirip dengan Facebook, dan menyediakan guru/dosen dan siswa/mahasiswa tempat
yang aman untuk menghubungkan, berkolaborasi dan berbagi konten. Guru/dosen
juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa.
Siswa/mahasiswa dapat mengajukan pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka
dan komentar guru/dosen mungkin telah diposting tentang tugas mereka.
Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik posting untuk diskusi di
kalangan siswa/mahasiswa. Guru/dosen dapat membedakan dan menciptakan belajar
mandiri melalui penciptaan sub-kelompok dalam kursus. Setelah setiap
periode kursus selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang
baru untuk kursus berikutnya.
Fasilitas
yang akan didapat seorang guru di Edmodo antara lain guru dapat mendesain kelas
secara online sesuai keinginan, setiap kelas memiliki kode kelas yang unik(tiap
kelas bisa dibuat berbeda), mengendalikan siapa saja yang boleh bergabung,
berkomentar/ berpesan ke kelas, perorangan secara spesifik/individual,
memberikan tugas, menanggapi dan menilai tugas yang telah dikerjakan, membuat
kuis/ulangan interaktif,melakukan polling, membentuk kelompok-kelompok kecil,
berkomunikasi secara personal, berkolaborasi dengan guru lainnya.
Sedangkan fasilitas yang
didapatkan untuk orang tua adalah mampu mengamati semua aktifitas anaknya di
edmodo, berkomunikasi dengan guru anaknya,mengetahui perkembangan anaknya,hanya
bisa berkomunikasi dengan guru dan anaknya.
Bahkan untuk siswa juga akan mendapatkan fasilitas memperoleh kelas yang aman dan nyaman untuk belajar, melihat jadwal kegiatan yang harus dilakukannya, mendownload materi, buku dan berbagai sumber yang disediakan, mengerjakan tugas, melihat komentar dan nilai dari tugas yang diberikan, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, memberikan pendapat pada jajak pendapat, mengakses kelas dimana saja selama terkoneksi dengan internet(dimanapun ia berada),
Jika yang dikeluhkan adalah sistem keamanan sistem ini maka Edmodo menyediakan sistem keamanan dalam bentuk setiap kelas memiliki kode kelas yang unik,setiap siswa memiliki kode orang tua yang unik(berbeda dengan kode orang tua siswa lainnya), komunikasi antar siswa hanya dapat dilakukan dalam kelompok/kelas, antar siswa tidak dapat berkomunikasi secara personal, guru dapat mengedit semua komentar dalam kelas, kewenangan penuh ada pada guru, karakteristik individual diperhatikan, dan tidak ada informasi pribadi yang diperlukan.
Bahkan untuk siswa juga akan mendapatkan fasilitas memperoleh kelas yang aman dan nyaman untuk belajar, melihat jadwal kegiatan yang harus dilakukannya, mendownload materi, buku dan berbagai sumber yang disediakan, mengerjakan tugas, melihat komentar dan nilai dari tugas yang diberikan, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, memberikan pendapat pada jajak pendapat, mengakses kelas dimana saja selama terkoneksi dengan internet(dimanapun ia berada),
Jika yang dikeluhkan adalah sistem keamanan sistem ini maka Edmodo menyediakan sistem keamanan dalam bentuk setiap kelas memiliki kode kelas yang unik,setiap siswa memiliki kode orang tua yang unik(berbeda dengan kode orang tua siswa lainnya), komunikasi antar siswa hanya dapat dilakukan dalam kelompok/kelas, antar siswa tidak dapat berkomunikasi secara personal, guru dapat mengedit semua komentar dalam kelas, kewenangan penuh ada pada guru, karakteristik individual diperhatikan, dan tidak ada informasi pribadi yang diperlukan.
Seiring dengan skenario pembelajaran yang tercantum di atas,
pendidikan situs jejaring sosial, seperti Edmodo, menawarkan kesempatan unik
untuk terhubung dengan siswa dan membantu mereka menciptakan norma-norma dan
merefleksikan bagaimana tindakan online yang berbeda akan diinterpretasikan.
Edmodo menawarkan pendidik mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang
memenuhi siswa/mahasiswa dengan pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis
penggunaan jaringan sosial dan etis penggunaan media dan format online.
Dalam upaya untuk mencegah orang luar bergabung dengan jaringan
sekolah/kampus, Edmodo menyediakan kode khusus untuk sekolah/kampus dan kelas.
Kode-kode ini diberikan kepada siswa/mahasiswa dan diperlukan untuk bergabung
dengan kelompok. Perusahaan ini baru-baru ini meningkatkan keamanan layanan
Edmodo dengan menerapkan perlindungan injeksi SQL untuk mencegah akses tidak
sah ke sumber daya website dan database.
berikut langkah-lagkah mengakses Edmodo ini maka langkah-langkahnya cukup mudah. Caranya adalah
untuk Guru
1. Buka
link http://www.edmodo.com
2. Pilih
tombol I’m teacher(sekali waktu mendaftar)
3. Isikan
biodata guru dan terakhir
4. Klik
tombol sign in, jika berhasil maka guru akan mendapatkan jendela baru untuk
mulai membuat group kelas pembelajaran
5. Tekan
tombol create(sebelah kiri) dan dapatkan code group untuk diberikan pada siswa
pada satu kelas tertentu dan silahkan berkreasi dalam membuat penugasan pada
siswa atau berbagi ide didalamnya
Setelah berhasil
mendaftar anda bisa langsung masuk/login dengan cara memasukkan username/email
serta password sesuai data yang dituliskan isian biodata sewaktu mendaftar
Untuk Siswa
1. Buka
link http://www.edmodo.com
2. Pilih
tombol I’m a student(sekali waktu mendaftar)
3. Masukkan
code group yang diberikan guru
4. Isikan
data diri secara lengkap
5. Tekan
tombol sign in, nah siswa siap melanjutkan belajar secara onlien dengan guru.
6. Setelah
berhasil mendaftar anda bisa langsung masuk/login dengan cara memasukkan
username/email serta password sesuai data yang dituliskan isian biodata sewaktu
mendaftar.
Untuk orang tua, maka orang tua dapat memperoleh kode orang
tua(parrents dari data siswa atau meminta dari guru). Untuk pemberian
tugas(guru), pengerjaan tugas(siswa) dan pengecekan aktivitas serta hasil
evaluasi siswa(untuk orang tua) akan dibahas pada edisi mendatang.
2.3 Sejarah Edmodo
Edmodo adalah
perusahaan teknologi pendidikan yang
menawarkan alat komunikasi, kolaborasi,
dan pembinaan untuk
guru dan sekolah K-12. Jaringan Edmodo memungkinkan guru
untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi
dengan siswa, kolega, dan orang tuA
Pada
tahun 2013, Edmodo dimasukkan ke dalam daftar "Aplikasi Teratas untuk
Guru" oleh PC Magazine. Pada tahun yang sama, Edmodo
mengakuisisi startup Root-1 dalam upaya untuk menjadi toko aplikasi untuk
pendidikan.[Vibhu Mittal, Co-founder dan CEO dari Root-1, menjadi
CEO dari Edmodo tahun berikutnya.
Pada
tahun 2014, Edmodo meluncurkan Snapshot - seperangkat alat penilaian untuk
mengukur kemajuan siswa pada standar pendidikan. Edtech digest memberikan penghargaan
untuk Edmodo Snapshot dalam Cool Tool Award sebagai Solusi Penilaian Terbaik. Perusahaan ini telah bermitra dengan
dua penerbit besar di Inggris, Oxford University Press dan Cambridge University Press untuk
menyediakan akses ke konten pendidikan di Edmodo Platform dan
membawa Edmodo Snapshot ke Inggris.
Edmodo
didirikan oleh Nic Borg dan Jeff O'Hara pada tahun 2008. Hal ini didukung oleh Index Ventures, Benchmark, Greylock Partners,
Learn Capital, New Enterprise
Associates, Union Square Ventures, Glynn Capital Management,
Tenaya Capital, SingTel Innov8, dan KDDI. Pada Agustus 2016 Edmodo diklaim
memiliki lebih dari 66.900.000 pengguna di seluruh dunia.
Pada bulan Maret
2015, Noodle menyebut Edmodo sebagai salah satu "32 Alat Pendidikan Daring
Paling Inovatif"
2.4 Manfaat Edmodo
Edmodo mempunyai beberapa manfaat dalam pembelajaran sebagai
berikut :
1.
Edmodo
merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru
dan murid
2.
Dengan
Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan
berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
3.
Selain
itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua
murid.
4.
Sebagai
sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.
5.
Guru
dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada
murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut
6.
Dengan
adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan
mudah.Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.
2.5 Fitur Edmodo
Terdapat banyak sekali fitur-fitur
yang ditawarkan Edmodo untuk menunjang proses pembelajaran. Berikut fitur-fitur
yang terdapat pada Edmodo :
1. Polling
1. Polling
Polling merupakan salah satu fitur
yang hanya dapat di gunakan oleh guru. Fitur ini biasanya di gunakan oleh guru
untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu. Dibawah ini merupakan
contoh tampilan polling pada Edmodo :
2. Gradebook
Fitur ini mirip seperti catatan
nilai siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberi nilai kepada siswa secara
manual maupun otomatis. Fitur ini juga memungkinkan seorang guru untuk
memanajemen penilaian hasil belajar dari seluruh siswa. Penilaian tersebut juga
dapat diexport menjadi file .csv. Pada fitur Gradebook, guru memegang akses
penuh pada fitur ini sedangkan siswa hanya dapat melihat rekapan nilai dalam
bentuk grafik dan penilaian langsung.
3. Quiz
Fitur Quiz hanya dapat dibuat oleh
guru, sedangkan siswa tidak mempunyai akses untuk membuat quiz. Mereka hanya
bisa mengerjakan soal quiz yang diberikan oleh guru. Quiz digunakan oleh guru
untuk memberikan evaluasi online kepada siswa berupa pilihan ganda, isian
singkat maupun soal uraian
4. File and Links
Fitur ini berfungsi untuk
mengirimkan note dengan lampiran file dan link. Biasanya file tersebut
ber-ekstensi .doc, .ppt, .xls, .pdf dan lain-lain.
5. Library
Dengan fitur ini, guru dapat
mengunggah bahan ajar seperti materi, presentasi, gambar, video, sumber
referensi, dan lain-lain Fitur ini juga berfungsi sebagai wadah untuk menampung
berbagai file dan link yang dimiliki oleh guru maupun murid.
6. Assignment
Fitur ini digunakan oleh guru untuk
memberikan tugas kepada murid secara online. Kelebihan dari fitur ini yaitu
dilengkapi dengan waktu deadline, fitur attach file yang memungkinkan siswa
untuk mengirimkan tugas secara langsung kepada guru dalam bentuk file document
(pdf, doc, xls, ppt), dan juga tombol “Turn in” pada kiriman assignment yang
berfungsi menandai bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.
7. Award Badge
Untuk memberikan suatu penghargaan
kepada siswa atau grup, biasanya guru menggunakan fitur award badges ini.
Berikut tampilan fitur ‘Award Badge’ pada Edmodo :
8. Parent Code
Dengan fitur ini, orang tua murid
dapat memantau aktifitas belajar yang dilakukan anak-anak mereka. Untuk
mendapatkan kode tersebut, orang tua murid dapat mendapatkannya dengan mengklik
nama kelas/ grup anaknya di Edmodo atau dapat memperolehnya langsung dari guru
yang bersangkutan.
Dilihat dari manfaat dan juga
fitur-fiturnya, edmodo merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan
sebagai media pembelajaran online. Selain itu, Edmodo juga mempermudah kegiatan
balajar mengajar antara guru dan murid. Nilai plus lain dari Edmodo adalah
orang tua murid dapat memantau perkembangan kegiatan belajar putra-putri mereka
BAB
III
KESIMPULAN
Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang lebih bersifat
student centered. Artinya, pembelajaran yang lebih memberikan peluang kepada
siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan secara mandiri (self directed) dan
dimediasi oleh teman sebaya (peer mediated instruction) dalam hal ini berarti Siswa di tuntut untuk dapat menemukan atau
mencari informasi sendiri, guru hanyalah seorang fasilisator yang bertugas
untuk memfasilitasi dan membimbing siswa dalam mecari dan menemukan suatu
informasi di dalam proses pembelajaran.
Edmodo adalah
perusahaan teknologi pendidikan yang
menawarkan alat komunikasi, kolaborasi,
dan pembinaan untuk
guru dan sekolah K-12. Jaringan Edmodo memungkinkan guru
untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi
dengan siswa, kolega, dan orang tuA
Edmodo dirancang untuk membuat
siswa/mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam
Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan
polloing untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana
penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau
perilaku.
. Edmodo menawarkan pendidik
mempunyai kesempatan untuk memulai dialog yang memenuhi siswa/mahasiswa dengan
pengalaman mereka untuk memeriksa secara kritis penggunaan jaringan sosial dan
etis penggunaan media dan format online.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.nesabamedia.com/pengertian-manfaat-dan-fitur-edmodo/ di akses pada tanggal
8-maret-2017 pukul 20.00
Taufik, M. Pengantar Pendidikan. Bandung: Mujahit
Press
http://ganggstaenemy.hol.es/article/edmodo/
https://belajarmatematikaonline.wordpress.com/2012/10/20/edmodo-solusi-teknologi-jejaring-sosial-untuk-pendidikan/ di akses pada tanggal 8-maret-2017 pukul 20.00
http://ilmukomputer-pemula.blogspot.co.id/2014/01/pengertian-dan-fungsi-edmodo.html di akses pada tanggal 8-maret-2017 pukul 20.00
http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/ di akses pada tanggal 8-maret-2017 pukul 20.00
Komentar
Posting Komentar